Bab 3 dalam Kurikulum 2013 Bahasa Inggris Kelas 8 umumnya berfokus pada Present Continuous Tense. Tense ini penting untuk menggambarkan aksi yang sedang berlangsung saat ini, rencana di masa depan yang sudah pasti, atau bahkan kebiasaan yang mengganggu. Memahami dan menggunakan Present Continuous Tense dengan tepat adalah kunci untuk berkomunikasi secara efektif dalam Bahasa Inggris.
Artikel ini menyediakan bank soal komprehensif dengan 1.200 kata yang dirancang untuk membantu siswa kelas 8 menguasai konsep Present Continuous Tense melalui berbagai jenis latihan, mulai dari identifikasi hingga konstruksi kalimat. Soal-soal ini disesuaikan dengan materi yang diajarkan dalam Kurikulum 2013 dan mencakup berbagai aspek penting dari tense ini.
I. Pemahaman Konsep Dasar Present Continuous Tense
Bagian ini menguji pemahaman siswa tentang definisi, fungsi, dan struktur dasar Present Continuous Tense.
1. Pilihlah definisi yang paling tepat untuk Present Continuous Tense:
a. Tense yang digunakan untuk menggambarkan aksi yang terjadi secara rutin.
b. Tense yang digunakan untuk menggambarkan aksi yang selesai di masa lampau.
c. Tense yang digunakan untuk menggambarkan aksi yang sedang berlangsung saat ini.
d. Tense yang digunakan untuk menggambarkan aksi yang akan terjadi di masa depan.
2. Struktur umum Present Continuous Tense adalah:
a. Subject + Verb 1 + Object
b. Subject + is/am/are + Verb-ing + Object
c. Subject + has/have + Verb 3 + Object
d. Subject + will + Verb 1 + Object
3. Kata kerja bantu (auxiliary verb) yang digunakan dalam Present Continuous Tense adalah:
a. do/does
b. has/have
c. is/am/are
d. was/were
4. Bentuk Verb-ing dibentuk dengan menambahkan akhiran "-ing" pada kata kerja dasar. Manakah dari kata kerja berikut yang penulisannya salah saat ditambahkan akhiran "-ing"?
a. running
b. writing
c. swiming
d. eating
5. Kapan Present Continuous Tense bisa digunakan untuk menyatakan rencana di masa depan?
a. Ketika rencana tersebut belum pasti.
b. Ketika rencana tersebut sudah pasti dan telah diatur.
c. Ketika rencana tersebut bersifat umum.
d. Ketika rencana tersebut masih berupa ide.
II. Identifikasi Present Continuous Tense dalam Kalimat
Bagian ini menguji kemampuan siswa untuk mengidentifikasi kalimat yang menggunakan Present Continuous Tense dengan benar.
Petunjuk: Pilihlah kalimat yang menggunakan Present Continuous Tense dengan benar.
6.
a. She sings a song.
b. She is singing a song.
c. She sang a song.
d. She will sing a song.
7.
a. They play football every Sunday.
b. They are playing football now.
c. They played football yesterday.
d. They will play football tomorrow.
8.
a. I usually eat breakfast at 7 AM.
b. I am eating breakfast right now.
c. I ate breakfast this morning.
d. I will eat breakfast later.
9.
a. He studies English every day.
b. He is studying English at the moment.
c. He studied English last night.
d. He will study English next week.
10.
a. We go to the cinema often.
b. We are going to the cinema tonight.
c. We went to the cinema last weekend.
d. We will go to the cinema soon.
III. Melengkapi Kalimat dengan Bentuk Present Continuous Tense yang Tepat
Bagian ini menguji kemampuan siswa untuk mengaplikasikan Present Continuous Tense dengan benar dalam berbagai konteks.
Petunjuk: Lengkapilah kalimat berikut dengan bentuk Present Continuous Tense yang tepat dari kata kerja dalam kurung.
11. The students __ (listen) to the teacher.
12. I __ (watch) TV right now.
13. She __ (not/sleep) at the moment.
14. They __ (play) basketball in the park.
15. He __ (work) on his project.
16. We __ (not/eat) lunch yet.
17. The cat __ (sleep) on the sofa.
18. My parents __ (travel) to Bali next week.
19. The baby __ (cry) because he is hungry.
20. You __ (learn) English very fast.
IV. Mengubah Kalimat ke Bentuk Present Continuous Tense
Bagian ini menguji kemampuan siswa untuk mengubah kalimat dari bentuk Simple Present Tense atau bentuk lainnya ke dalam Present Continuous Tense.
Petunjuk: Ubahlah kalimat berikut ke dalam Present Continuous Tense.
21. He reads a book.
22. They play games.
23. She cooks dinner.
24. I write a letter.
25. We watch a movie.
26. The dog barks.
27. The bird sings.
28. The sun shines.
29. The rain falls.
30. The wind blows.
V. Membuat Kalimat Tanya dengan Present Continuous Tense
Bagian ini menguji kemampuan siswa untuk membuat kalimat tanya menggunakan Present Continuous Tense.
Petunjuk: Buatlah kalimat tanya menggunakan Present Continuous Tense berdasarkan kata-kata yang diberikan.
31. you / listen / to music?
32. she / cook / dinner?
33. they / play / football?
34. he / work / on his project?
35. we / watch / TV?
36. what / you / do?
37. where / she / go?
38. why / he / cry?
39. how / you / feel?
40. who / call / you?
VI. Menggunakan Present Continuous Tense untuk Mendeskripsikan Gambar
Bagian ini menguji kemampuan siswa untuk mengaplikasikan Present Continuous Tense dalam konteks visual.
Petunjuk: Deskripsikan gambar berikut menggunakan Present Continuous Tense. (Gambar akan bervariasi dan memerlukan deskripsi aksi yang sedang berlangsung)
Contoh: (Gambar seorang anak sedang membaca buku) "The child is reading a book."
41. (Gambar seorang wanita sedang memasak)
42. (Gambar beberapa anak sedang bermain sepak bola)
43. (Gambar seorang pria sedang bekerja di komputer)
44. (Gambar seekor kucing sedang tidur)
45. (Gambar beberapa orang sedang makan di restoran)
VII. Menggunakan Present Continuous Tense untuk Menyatakan Rencana di Masa Depan
Bagian ini menguji kemampuan siswa untuk menggunakan Present Continuous Tense untuk menyatakan rencana yang sudah pasti di masa depan.
Petunjuk: Lengkapilah kalimat berikut dengan Present Continuous Tense untuk menyatakan rencana di masa depan.
46. I __ (meet) my friend tomorrow.
47. We __ (go) to the beach next weekend.
48. She __ (fly) to Paris next month.
49. He __ (visit) his grandmother next Sunday.
50. They __ (have) a party next Saturday.
VIII. Mengidentifikasi Kesalahan dalam Penggunaan Present Continuous Tense
Bagian ini menguji kemampuan siswa untuk mendeteksi kesalahan dalam penggunaan Present Continuous Tense.
Petunjuk: Identifikasi dan perbaiki kesalahan dalam kalimat berikut.
51. She is sings a song.
52. They are play football.
53. I am eat breakfast.
54. He is study English.
55. We are goes to the cinema.
IX. Menyusun Kalimat Acak dengan Present Continuous Tense
Bagian ini menguji kemampuan siswa untuk menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang benar menggunakan Present Continuous Tense.
Petunjuk: Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang benar menggunakan Present Continuous Tense.
56. is / the / dog / sleeping / on / floor / the.
57. they / are / football / playing / in / park / the.
58. she / dinner / is / cooking / the.
59. he / project / his / working / on / is.
60. we / are / a / movie / watching.
Kunci Jawaban (Contoh):
- c
- b
- c
- c
- b
- b
- b
- b
- b
- b
- are listening
- am watching
- is not sleeping
- are playing
- is working
- are not eating
- is sleeping
- are traveling
- is crying
- are learning
- He is reading a book.
- They are playing games.
- She is cooking dinner.
- I am writing a letter.
- We are watching a movie.
- The dog is barking.
- The bird is singing.
- The sun is shining.
- The rain is falling.
- The wind is blowing.
- Are you listening to music?
- Is she cooking dinner?
- Are they playing football?
- Is he working on his project?
- Are we watching TV?
- What are you doing?
- Where is she going?
- Why is he crying?
- How are you feeling?
- Who is calling you?
- The woman is cooking.
- The children are playing football.
- The man is working on the computer.
- The cat is sleeping.
- The people are eating at the restaurant.
- am meeting
- are going
- is flying
- is visiting
- are having
- Salah: She is sings a song. Benar: She is singing a song.
- Salah: They are play football. Benar: They are playing football.
- Salah: I am eat breakfast. Benar: I am eating breakfast.
- Salah: He is study English. Benar: He is studying English.
- Salah: We are goes to the cinema. Benar: We are going to the cinema.
- The dog is sleeping on the floor.
- They are playing football in the park.
- She is cooking the dinner.
- He is working on his project.
- We are watching a movie.
Kesimpulan:
Latihan-latihan di atas dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang Present Continuous Tense kepada siswa kelas 8. Dengan mengerjakan soal-soal ini, siswa akan mampu mengidentifikasi, menggunakan, dan mengaplikasikan tense ini dalam berbagai situasi komunikasi. Penting untuk terus berlatih dan mengaplikasikan Present Continuous Tense dalam percakapan sehari-hari agar penguasaan tense ini semakin meningkat. Guru juga dapat menggunakan bank soal ini sebagai referensi untuk membuat latihan dan ujian yang relevan dengan Kurikulum 2013.